Analisis Perancangan Jaringan Komputer

Pengertian Analisis dan Perencanaan Jaringan Komputer :

Kegiatan yang dilakukan untuk mengkaji dan menelaah sebuah jaringan komputer, dengan tujuan menyusun kembali perencanaan yang lebih baik agar tercipta jaringan komputer yang efektif dan efisien.


Banyak hal yang perlu di perhatikan. ada 2 elemen dasar dalam membangun sebuah jaringan, yaitu:

1. Komponen Hardware
Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.
2. Komponen Software
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.


Selain itu kita juga masih membutuhkan perangkat selain 2 elemen dasar diatas.
1. NIC Adapter
Apa sih NIC ( Network Interface Card ) itu??? NIC adalah perangkat yang paling penting dalam membangun jaringan . NIC adalah bagian paling umum dari komputer yang digunakan dalam rumah kita dan perkantoran. Nic juga biasa disebut dengan LAN Card, yaitu  Media komunikasi ( kabel )  yang melekat pada LAN Card untuk membangun suatu jaringan. Perangkat ini memiliki alamat Mac yang unik, Untuk membangun suatu jaringan dengan alamat IP yang unik tergantung pada LAN Card untuk komunikasinya .
Dalam contoh kasus jaringan WLAN, bukan LAN Card yang digunakan melainkan menggunakan Wireless Card. Fungsinya sama seperti LAN Card sederhana, itu hanya perangkat komunikasi nirkabel yang terhubung ke router untuk komunikasi.
2. Router
Router adalah perangkat yang cerdas yang bisa memberikan rute data ke komputer tujuan. Ini sangat membantu dalam menghubungkan dua jaringan logic dan fisik yang berbeda bersama-sama. Dalam jaringan kecil server terhubung ke router bersama dengan client untuk berkomunikasi. Tanpa Router komunikasi antar jaringan tidak mungkin bisa, Router  adalah inti dari suatu jaringan, tanpa distribusi ini, internet dan jaringan data lainnya ke seluruh jaringan yang ada tidak mungkin bisa berkomunikasi.
Cara menggunakan router itu sama saja mau jaringan kabel atau jaringan nirkabel. Router melakukan semua fungsi yang sama tanpa menggunakan media apapun seperti kabel dan lain lain Router menggunakan perangkat lunak yang dikenal sebagai tabel routing. Routing tabel digunakan untuk menyimpan sumber dan alamat tujuan.
3. HUB
Kalau berbicara tentang sebuah  jaringan dalam skala yang lebih besar, HUB diperlukan untuk membangun  sebuah jaringan. Semua komputer yang terhubung langsung ke HUB, yang dimana HUB sebagai pusat perangkat terpusat jaringan. Ketika data dikirim ke hub, HUB ini mengirimkankan data ke semua port dari hub dan kemudian dikirim ke komputer tujuan pada jaringan. Jika hub gagal untuk melakukan fungsi biasa   ( mengirimkankan data ke semua port ) HUB ini akan berhenti kerja seluruh jaringan sampai jaringan dalam kondisi normal.
4. Switch
Switch adalah perangkat lain yang penting ketika kita berbicara tentang jaringan komputer di spectrum. Switch lebih luas digunakan di tempat yang sama sebagai pusat, yang membedakan switch dengan HUB adalah bahwa switch memiliki tabel switching yang telah build in di dalam perangkat kerasnya.
Tabel Switching menyimpan alamat MAC dari setiap komputer yangterhubung ke switch dan mengirimkan data ke alamat yang diminta saja, tidak seperti hub yang mengirim data ke semua port. bentuk switch secara umum sama seperti HUB.
5. Kabel
 Kabel-kabel sangat jelas digunakan untuk menghubungkan perangkat komunikasi satu sama lain untuk membentuk suatu jaringan. Ada berbagai jenis kabel, kabel yang umum digunakan adalah 10baseT/CAT5, kabel koaksial, Ethernet dan kabel serat optik.
Serat optik adalah yang paling mahal karena memungkinkan transfer data dengan kecepatan cahaya. Ini adalah solusi mahal yang sebagian besar yang mengadopsi ialah oleh sektor korporasi. Namun dalam perkembangan terakhir kabel serat optik sekarang sedang digunakan dalam jaringan rumah dan juga digunakan sebagai sarana untuk terhubung ke internet.
6. Modem
Modem itu ada dua jenis. Satu modem yang umum digunakan pada setiap komputer yang biasa kita gunakan untuk koneksi ke internet menggunakan saluran telepon kita dengan panggilan untuk ke ISP dan yang lainnya digunakan untuk menghubungkan ke DSL.
Fungsinya bagaimanapun juga adalah sama untuk kedua jenis modem, mereka digunakan untuk modulasi dan demodulasi, mereka digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan digital ke analog sehingga sinyal dapat perjalanan dengan saluran telepon.

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY said...

makasih banyak sudah share
solder uap

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates